Dinas Kepemudaan dan Olahraga / Berita / #5

Kadispora Sulsel Asistensi Persiapan Kirab Obor Asian Games. Bulukumba Menyatakan Paling Siap

06 Jul 2018
Kadispora Sulsel Asistensi Persiapan Kirab Obor Asian Games. Bulukumba Menyatakan Paling Siap
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sulawesi Selatan, Sri Endang Sukarsih melakukan asistensi kesiapan daerah dalam pengarakan obor (torch relay) Asian Games XVIII tahun 2018 bagi provinsi dan Kab/Kota yang dilewati se Indonesia, di A One Hotel Jakarta, Kamis dan Jumat (5-6 Juli 2018).

Turut mendampingi Sri Endang asistensi dengan pihak penyelenggara antara lain; Kadispora Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Muhlis dan Kasubag Keuangan, Pujiati.

Sulawesi Selatan terpilih sebagai salah satu provinsi yang akan dilintasi Kirab Obor Asian Games XVIII Tahun 2018 atau Torch Relay pada 29 hingga 30 Juli 2018 dengan destinasi utama kawasan wisata di Kabupaten Bulukumba dan Kata Makassar.

Sementara itu seperti dikutip dari kabarmakassar.com, Kabupaten Bulukumba telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi titik utama lintasan Kirab Obor atau Torch Relay Asian Games XVIII diantara 50 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng terkait hasil rapat pemantapan persiapan pelaksanaan Torch Relay Asian Games XVIII, Tahun 2018 di Sulawesi Selatan destinasi Kota Makassar dan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba, Kamis, 5 Juli 2018.

"Saya kira untuk persiapan torch relay kami sudah siap, bahkan dalam setiap Minggu kita adakan evaluasi," katanya.

Menghadapi kendala yang mungkin terjadi saat pelaksanaan, Muh Ali Saleng menyampaikan telah menyiapkan berbagai rencana tambahan untuk mengatasi kemungkinan terburuk, baik dari pergeseran agenda maupun cuaca

"Insyaallah tidak ada masalah, Tapi kami tetap siapkan plan b jika ada kendala, bahkan untuk rute perjalanan ketika kondisi cuaca tidak bisa lawan, kita sudah antisipasi. Karena acara ini akan kita bawa ke pantai sehingga harapan kita mudah-mudahan air lebih surut, sehingga kita bisa memaksimalkan kegiatan itu," jelasnya.

Muh Ali Saleng juga menyampaikan pelaksanaan parade Api Obor Asian Games yang dilaksanakan Jakarta-Palembang ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam memperkenalkan potensi wisata dan budaya di seluruh tanah air.

Sehingga dalam rangka memeriahkan kegiatan Akbar ini dan mengikuti sertakan setiap elemen masyarakat Kabupaten Bulukumba akan menyajikan event spesial berupa pesta rakyat.

"Saya kira bagaimana program pemerintah bisa disukseskan dengan melibatkan semua elemen masyarakat tanpa terkecuali, jadi kami akan lakukan pesta rakyat," ungkapnya.

Berbagai rangkaian acara akan memeriahkan Kirab Obor Asian Games XVIII di Bulukumba nantinya, arak-arakan mobil api obor akan disambut dengan berbagai tarian daerah dan juga kebudayaan khas Bulukumba, serta antusiasme dan keikutsertaan warga dalam memeriahkan Asian Games.

"Kita sudah ada penyambutan mulai masuk kabupaten Bulukumba hingga naik Phinisi dan diiringi perahu sebanyak jumlah negara peserta hingga tanjung Bira, kami juga akan siapkan. Tarian, dan pesta rakyat hingga malam," katanya.

Salam Olahraga
Salam Harmonisasi