Dispora / Artikel / #83

Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten dan Provinsi Diseleksi Via Online

18 Sep 2020
Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten dan Provinsi Diseleksi Via Online

MAKASSAR - Seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten/kota hingga provinsi Sulsel 2020 dipastikan tetap dilaksanakan. Meski di tengah wabah Covid-19, proses seleksi akan terus berjalan.



Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpora untuk membatalkan seleksi itu. Untuk itu tiap instansi kabupaten/kota diminta mempersiapkan prosesnya.



"Kegiatan paskibraka, seleksi dan lemusatan pelatihan paskibraka itu masih tetap berjalan. Mengingat pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora itu masih belumm ada juknisnya untuk membatalkan kegiatan ini," tegas Arwin yang dihubungi SINDOnews.



Lanjut Dia, Kemenpora sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan seleksi paskibraka yang menekankan pelaksanaannya tetap mempedomani atau menerapkan protokol kewaspadaan pencegahan wabah Covid-19.



Dengan kondisi saat ini, maka seleksi calon paskibraka memanfaatkan sistem teknologi informasi. Dalam hal ini menggunakan aplikasi secara daring (online). Kalaupun ada tahapan seleksi yang mengharuskan tatap muka, maka akan diterapkan protokol penanganan pencegahan Covid-19 secara ketat.



"Protokol penanganan pencegahan Covid-19 tetap dilakukan secara ketat. Dengan proses seleksi itu dilakukan secara online atau daring memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada. Jadi ada beberapa yang memang proses seleksi yang dilakukan secara online," tandasnya.



Arwin mengaku, tahapan seleksi calon paskibraka akan dimulai di tingkat kabupaten/kota. Dokumen administrasi para bakal calon yang akan mendaftar, sebisa mungkin disiapkan dan dikirim lewat online yang disediakan tiap instansi daerah nantinya.



"Jadi kita imbau kabupaten/kota, tetap mempersiapkan. Bahwa kami masih tetap menunggu hasil seleksi tingkat kabupaten/kota untuk kemudian dikirim ke pemerintah provinisi pada tanggal yang sudah ditentukan," ucap dia.



Proses seleksi ini rencananya mulai dibuka tanggal 9-10 Juni 2020. "Kita undur setelah Idul Fitri, tepatnya tanggal 9-10 Juni 2020. Setelah Idul Fitri baru kita lakukan seleksi untuk paskibraka provinsi dan nasional," tukas Arwin.



Diketahui, seleksi anggota Paskibraka Nasional 2020 dilakukan secara daring atau online, seperti yang tertuang di dalam surat Nomor PP.00.00/4.9.1/D-II.1/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang Pengiriman Dokumen Calon Paskibraka Nasional 2020.



Pelaksanaan seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupate/Kota dan Provinsi harus mengacu pada protokol kesehatan tentang Covid-19 dan protokol kewaspadaan pencegahan wabah Covid-19 bagi kegiatan kepemudaan. Selanjutnya, seleksi di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi, dilakukan secara daring.